SUMBAWA BESAR, SR (20/2/2019)

Salah satu beasiswa yang diluncurkan Institut Ilmu Sosial dan Budaya (IISBUD) Samawa Rea (Sarea) adalah Beasiswa Omal Mudharobbah. Untuk merancang bentuk dari beasiswa ini, IISBUD menggandeng Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa. Bentuk beasiswa ini merupakan ide original, terbaru dan pertamakali di Indonesia, yaitu berupa bantuan peminjaman tanah berkebun, bibit dan kebutuhan pertanian yang akan diberikan kepada orang tua atau wali mahasiswa tidak mampu. Pembayaran biaya kuliah nantinya didapatkan dari hasil berkebun dengan sistem mudharabbah (bagi hasil). “Kerjasama ini terjalin karena keprihatinan kami terhadap masyarakat kurang mampu untuk menyekolahkan anak-anak berprestasi karena kurangnya biaya pendidikan. Dengan melihat alam sekitar, akhirnya tumbuhlah niatan untuk mewujudkan mimpi IISBUD Sarea ini dengan dirancangnya beasiswa Omal Mudharabbah,” papar Rusmin Nurjadin, S.Pd., M.Pd. selaku Wakil Rektor I IISBUD Sarea, Kamis (21/2) kemarin.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumawa, Ir. Talifuddin, M.Si mengapresiasi program yang digagas IISBUD Sarea. Program tersebut dinilai sangat bermanfaat bagi anak-anak berprestasi untuk melanjutkan pendidikan namun tidak mampu secara ekonomi. Tinggal bagaimana cara pengolahan lahan yang ada untuk tetap produktif setiap bulannya. Dinas Pertanian mendukung penuh program ini dengan menawarkan bantuan berbagai macam bibit, mulai dari bibit cabe, sayur mayor hingga jenis umbi-umbian yang kemudian dapat disesuaikan dengan kebutuhan lahan di IISBUD Sarea.

Tidak hanya itu, kedepannya juga akan diadakan program yang bekerjasama dengan BKKBN dan Dinas Pangan. Diharapkan, bersama dengan IISBUD Sarea dapat dilakukan penyuluhan ke desa-desa terkait edukasi ilmu dalam pertanian. Dalam hal perairan, Kadis Pertanian menyampaikan akan melakukan upaya pembangunan cekdam di wilayah sekitar IISBUD Sarea untuk menangani masalah keterbatasan air. Jalinan kerjasama ini diharapkan dapat memberi manfaat serta menyokong cita-cita dan semangat siswa-siswa lulusan SMA dalam melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dengan dasar beasiswa yang mengakar dengan filosofi masyarakat Sumbawa.

Selain beasiswa Omal Mudharabbah, IISBUD Sarea juga meyediakan berbagai beasiswa lainnya yaitu Beasiswa Sakiki 100 Kepala Desa, Beasiswa Pedi Samawa, Beasiswa Taruna Late dan Dadara Boto. Informasi lebih lengkapnya terdapat di laman website IISBUD SAREA (www.iisbudsarea.ac.id). (SR)

Sumber :
https://www.samawarea.com/2019/02/22/iisbud-sarea-dan-dinas-pertanian-kerjasama-rancang-beasiswa-omal-mudharobbah/