Virus Corona atau COVID-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini masih berhubungan dengan penyebab SARS dan MERS yang sempat merebak beberapa tahun lalu. Sampai saat ini belum diketahui penyebab dari Virus Corona, tetapi diketahui virus ini disebarkan oleh hewan dan mampu menjangkit dari satu spesies ke spesies lainnya, termasuk manusia.

Pemerintah Indonesia menganjurkan setiap warga yang beraktifitas di luar rumah untuk mengenakan masker. Anjuran memakai masker juga diterapkan tidak hanya pada orang yang sakit, melainkan orang sehat sekalipun. Seperti dilansir dari Antara, Senin (6/4/2020), berdasarkan hasil studi Komisi Tetap Penyakit Menular dan Ancaman Abad 21 di Amerika Serikat, Virus Corona bisa menular melalui percakapan dan pernapasan normal dengan orang terpapar. Kesimpulan studi yang dipublikasikan di laman Academy of Science Engineering Medicine itu, menyebut Covid-19 bisa menyebar hanya melalui percakapan dan pernapasan.

Menanggapi hal tersebut, sivitas akademika IISBUD SAREA telah melangsungkan “Aksi Peduli Sosial” membagikan bantuan masker gratis untuk masyarakat Kabupaten Sumbawa secara umum serta melakukan agenda blusukan ke desa-desa. Kesadaran ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang terus meningkat sangat berdampak negatif bagi sistem perekonomian rakyat kecil. Kondisi ini menuntut berbagai kalangan untuk saling peduli dengan turun tangan membantu sesama.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Jum’at 17 April 2020, pukul 16.00 WITA ini berlokasi di 3 titik yaitu Kecamatan Unteriwes (Simpang UNSA), Kecamatan Labuhan Badas (depan pelabuhan bongkar muat), dan Kecamatan Sumbawa (Daerah Simpang Bingung) yang akan dibagikan kepada para pengguna jalan.

Rektor IISBUD SAREA, Miftahul Arzak, S.I.Kom, MA mengutarakan, “diharapkan dengan adanya kegiatan aksi sosial ini, dapat membangun kesadaran dan motivasi bagi masyarakat untuk saling membantu. Sebagai institusi pendidikan tinggi, kami menyadari bahwa selain sumbangsih akademik, harus ada aksi lapangan yang dilakukan sebagai bentuk dukungan moril kami kepada masyarakat.”

Sivitas IISBUD SAREA juga menghimbau untuk tetap menerapkan aturan phisical distancing dari pemerintah. Aturan untuk menjaga jarak tersebut sebagai upaya untuk memotong rantai penularan dari satu orang ke orang lainnya. Mereka berharap bantuan masker yang telah dibagikan bisa bermanfaat dan digunakan untuk melindungi diri dari potensi penularan.